Apakah anda menCopy-paste content orang lain? Baca Di Sini

Saturday, October 20, 2007

Plagiat blog atau blog yang kontenya hanya copy-paste dari blog orang lain...merupakan suatu pelanggaran etika dasar dunia per-blog-an. Copy-paste dalam tahap wajar, sebenarnya masih bisa diterima dengan minimal 2 syarat :
1. Artikel tidak secara blak-blakan copy-paste ngejiplak abis
2. Menyebutkan sumber dan menyertakan link balik blog/web sumber artikel


Lalu, apa hukuman bagi mereka yang melakukan plagiasi blog?
Ya tentu gk ada hukuman pidana / perdata yang menjeratnya..namun sebagai hukuman sosial, anda akan dikucilkan dalam komunitas per-blog-an. Anda akan dianggap blogger yang angkuh dan tidak menghargai hasil karya orang lain.

Menariknya ada suatu website yang memberikan fasilitas untuk men-cek adakah orang yang meniru artikel anda? atau berapa banyak orang yang menjiplak buah tulisan anda??
website yang saya maksud adalah copyscape.com

berikut adalah pluggin yang sourcenya saya ambli dari copyscape.com :



So, apakah anda menemukan blog anda dibajak??
sisi positifnya, semakin banyaknya plagiat blog yang menjiplak buah tulisan anda tentu menyatakan semakin populer juga blog anda =p
Menurut saya men-copy-paste is totally ok, asalkan saja di dalam artikel yg dibajak oleh sang plagiat menyertakan link hidup ke alamat blog sumber, Sebab dengan begitu maka paling tidak terjadi simbiosis mutualisne antara si pembajak dan korban pembajakan (ini pendekatan yg setidaknya paling bisa diteriam, meski tampakny si pembajak tetap lebih diuntungkan...ckckck =p)
Kalau anda sendiri? Bagaimana pendapat anda?

SOLUSINYA...

copyscape tidah hanya memberikan fasilitas untuk men-track siapa saja yang menjiplak hasil karya kita di internet...tetapi juga menawarkan solusi untuk menhindari penjiplakan blog, yakni dengan memasang banner seperti di bawah ini (tersedia dalam berbagai ukuran dan warna), mereke menyebutnya plagiarism warning banner







Pertanyaanya? adalah banner seperti ini membuat takut dan jera para pelaku plagiasi blog??
Kalau menurut saya..pasang saja sekalian buat takut2in para penjiplak blog,hehe =p


masih pengen baca lanjutannya? mau dapet info2 penting! dan menarik? , silahkan daftarkan e-mail berlangganan gratis di sisi kanan sidebar blog antiteori, atau klik di sini,untuk keep uptodate dengan blog antiteoritempat mencari peluang beasiswa dan lowongan kerja,ada fasilitas SMS gratis pula =)

Letakan Skrip Adsense Anda Disini

2 comments:

  1. Anonymous said...

    Thanks info nya..
    kebetulan saya tidak suka membajak, tidak pula suka membajak..
    hehhe..
    http://minitips.blogspot.com
    walaupun isinya katrok tapi original..hheheh

  2. Anonymous said...

    ok d mr.minitips pasti saya visit ke tempat sampean koq =p, sori ni br bisa update blog..jadwal kuliah lg sibuk bkn maen, hehehe ...btw masksudnya membajak sawah nih mas minitips?? =p

Post a Comment

Old Friends Of Mine

GlossyBlue Blogger by Black Quanta. Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS