Sindrom-Keasikan-ngeblog : Bahaya ! Jangan Keasikan NgeBlog !!

Saturday, October 13, 2007

Beberapa minggu terakhir ini saya mendapati diri saya terkena 'sindrom-keasikan-ngeblog'
Bukan sindrom seperti kumpulan gejala penyakit dalam istilah kedokteran.. tetapi lebih 'tidak menenpuh jalan yang benar dalam dunia blogging'

Kenapa saya bilang demikian?


Pertama, soal keyword campaign (kampanye keyword) seperti saya bilang sebelumnya (baca artikelnya di sini) tentang 3 serangkai SEO paling penting. Yakni mengenai keyword , konten, dan promosi. 2 hal yang disebut terkahir biasanya tak terlewatkan oleh para blogger yang terkena 'sindrom-keasikan-ngeblog' .sebab sakin keasikan ngeblog segala penjuru internet sudah dijelajahi demi konten yang berkualitas dan berkuantitas (banyak posting-an nya), promosi pun dilakukan dari meninggalkan identitas blog di forum ataupun di buku tamu & kotak komentar, sampai teriak2 keliling kampung..gak diragukan lagi promosinya berjalan mulus bin lancar.

Sekarang apa yang terlupakan??
KEYWORD !,ya keyword. (bagi yang belum baca mengenai dasar SEO klik di sini)
keyword= kata kunci , sesuai terjemahan bebasnya adalah kata2 kunci yang dipakai blogger atau webmaster untuk mendapatkan rangking yang tinggi dalam Search Engine Result Page(SERP, baca juga artikel ini). gak mudeng??
Begini contohnya, alkisah otong seorang blogger handal membuat blog tentang resep makanan seperti ini. Maka keyword yang digunakan si otong adalah makanan indonesia. Dengan berbekal teknik SEO yang muktahir dan konten yang berkualitas --> hasilnya : Setiap orang mengetikkan 'makanan indonesia' di search engine google, maka alamat blog otong lah yang mucul nomor satu. cukup mudah kan?
contoh lain adalah, megetikkan 'anti teori' di SE google, maka anda akan melihat blog ini (http://antiteori.blogspot.com) mucul di nomor 1 halaman pencarian -> maka kita bisa bilang SERP blog si otong & blog antiteori sangat baik/tinggi !!

kembali ke topik,
masih soal Keyword, kebanyakan blogger yang terkena sindrom-keasikan-ngeblog, tidak menyadari bahwa mereka mengabaikan kampanye keyword mereka.
Mereka membawa topik artikel mereka keluar jalur dan tidak fokus pada keyword yang mereka gagas.
contohnya, si ucup dengan blog ceritamu-ceritaku - nya malahan membuat artikel seputar modifikasi motor daripada membuat puisi atau artikel curhat yang menjadi keyword nya.

Perlu juga diperhatikan bahwa dalam memilih keyword harus diperimbangkan tingkat persaingan pemakaian keyword tersebut.
misal, si tongsiuling menggunakan keyword mp3 gratis yang persaingannya sangat ketat, padahal peminat mp3 gratis jaman sekarang sudah tidak sebanyak dulu lagi-> alhasil secara teori ekonomi makro(ala,opo meneh!? =p) , kampanye keyword yang digagas tongsiuling gagal total!

Belajar dari kesalahan itu, maka saya juga akan mengadakan sedikit modifikasi dalam kampanye keyword saya..dari yang tadinya terfoku pada : SMS gratis , free sms sekarang lebih ke : beasiswa , beasiswa indonesia =)

Oh ya ini penting teman2 : bagi teman2 yang mau terus memantau perkembangan kampanye keyword blog antiteori, buyungupik(crew of antiteori author team) akan menyajikan data & fakta statistik perkembangan trafik blog antiteori, beserta sharing tentang letak2 kesalahan selama menjalankan kampanye keyword beserta perbaikannya. Hal ini sangat penting bagi2 teman2 yang ingin belajar secara live(ciaela live lo =p) dan terus uptodate dengan perkembangan blog antiteori! keep close ya bro =)

Saran pribadi saya, buat temen2 yang baru niat serius ngeblog. tentukan dulu keyword kamu ! pilih topik yang sesuai sama minat kamu, biar nantinya konten gk terbengkalai.Soal promosi sedikit banyak sudah dibahas di artikel 3 serangkai SEO paling penting, dan akan dibahas lebih dalam di lain kesempatan =) so keep uptodate with antiteori blog guys & galz !! =)

Nb: Kalo teman2 perhatikan footer di setiap post blog ini juga sudah dirubah lo =)

masih pengen baca lanjutannya? mau dapet info2 penting! dan menarik? , silahkan daftarkan e-mail berlangganan gratis di sisi kanan sidebar blog antiteori, atau klik di sini,untuk keep uptodate dengan blog antiteori.Tempat mencari peluang beasiswa,dan peluang kerja, ada fasilitas SMS gratis pula =)

Letakan Skrip Adsense Anda Disini

5 comments:

  1. SabineV said...

    ckckkckck...
    i really amaze with d progress in ur blog! kynya blm lama gt gw liat..
    just like several days go and uda buanyaak bgt yg baru
    salut2

  2. SabineV said...

    i really amaze with d progress in ur blog! kynya blm lama gt gw liat..
    just like several days go and uda buanyaak bgt yg baru
    smangat2

  3. Praditya said...

    Hmm.. iya nih, saya juga kena sindrom blogging...

    Wah, barut au masalah SEO

  4. buyungupik said...

    @sabine V
    thanx so much for ur support =)

  5. buyungupik said...

    @praditya. iya hati2 mas..kalo ud kena tuh sindrom bisa lupa waktu , lupa makan, asal jgn mep lupa istri aj, he2 =p

Post a Comment

Old Friends Of Mine

GlossyBlue Blogger by Black Quanta. Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS