Kenalan dulu dengan SEO

Saturday, October 6, 2007

SEO atau Search Engine Optimization, sesuai namanya, adalah teknik meng-optimisasi web atau blog untuk meningkatkan page rank dimata search engine.
Kalau SEO diibaratkan sebagai rumus , maka hasilnya adalah SERP alias Search Engine Result Page. Untuk melihat nilai SEPR mudah saja, tinggal browse dengan si 'gugel' (google)
dan masukkan keyword tertentu, seperti misalnya whypets , hasilnya bisa anda lihat di sini --> maka http://whypets.blogspot.com menduduki tempat no.1 di SEPR. (mudah kan?)

Lalu seperti apa teknik optimisasi web/blog yang dimaksud tadi??

SEO? apa itu SEO?
SEO atau Search Engine Optimization, sesuai namanya, adalah teknik meng-optimisasi web atau blog untuk meningkatkan page rank dimata search engine.
Kalau SEO diibaratkan sebagai rumus , maka hasilnya adalah SEPR alias Search Engine Page Result. Untuk melihat nilai SEPR mudah saja, tinggal browse dengan si 'gugel' (google)
dan masukkan keyword tertentu, seperti misalnya whypets , hasilnya bisa anda lihat di sini --> maka http://whypets.blogspot.com menduduki tempat no.1 di SEPR. (mudah kan?)

Lalu seperti apa teknik optimisasi web/blog yang dimaksud tadi??
Perlu dicatat bahwa membicarakan SEO adalah membicarakan sesuatu yang abstrak alias tidak pasti! tidak ada satu teknik SEO pun yang dapat menjamin peringkat SEPR web/blog kita dimata search engine.

Tapi salah satu teknik dasar dan mungkin juga yang paling ampuh adalah teknik back link
Backlink adalah suatu tautan(link) yang dibuat oleh seorang blogger dan dicantumkan di blog-nya sendiri entah di sidebar, header, footer, ataupun disisipkan di tengah2 post sekalipun. Link yang dibuat diarahakan ke tujuan tertentu, seperti misalnya ( aku sangat suka memancing ikan mola2)-->ini merupakan salah satu contoh membuat backlink ke http://the-fish-age.blogspot.com dengan menyisipkannya di tengah2 post. Sedang pada kasus back link di sidebar bisa dilihat di blog ini , yakni di bagian blog teman di sidebar sisi kanan blog. Sedangakan back link di daerah header atau footer cenderung lebih jarang ditemui.

Backlink sendiri terdiri dari 2 macam.. one way backlink, yakni backlink satu arah, tanpa ada saling tukar balik link (ini yang bernilai tinggi di mata search engine) dan two way backlink, yakni saling tukar backlink(si A me-link si B dan si B me-link si A karena merasa berhutang budi)

Mungkin sudah teman2 sudah mengira2 ada keterkaitan antar backlink dengan sistem tukar link atau blogroll atau nama sejenisnya yang biasa cukup populer di kalangan para bloger. Ya, salah satu metode yang sering digunakan oleh para teman2 blogger adalah tukeran link yang tak lain adalah two way back link(dng catatan si A me-link si B dan B me link balik si A). Dengan metode seperti ini mungkin saja tingkat kepopuleran web/blog kita cepat terangakt..permasalahnnya terletak pada policy baru google yang mengatakan metode link exchange melanggar Term of Service (TOS) mereka, karena menyebabkan ketidakmurnian tingkat kepopuleritasan suatu web/blog di mata search engine--> Hal ini akan dibahas lebih lanjut di post saya selanjutnya. Saya sendiri, juga masih menerima tukeran link bagi teman2 yang mau bertukar link dengan blog saya, maka saya akan segera me-link balik blog teman2, sebaiknya teman2 meniggalkan pesan di guestbook saya sebelumnya =). Kenapa saya berani melakukan tukeran link sementara google sendiri tidak mengijinkannya, adalah karena saya menganggap hal semacam itu hanyalah gertakan sambal semata...mungkin lain lagi tentang pendapat teman??

Oh ya perlu dicatat juga dalam kasus backlink..website/blog ber-domain tertentu seperti .edu , .gov , .ac memiliki nilai yg lebih tinggi di mata search engine. jadi misalnya saja anda mendapatkan backlink dari web www.ui.ac.id ,maka nilai populeritas blog anda di mata search engine akan terdongkrak pula =)

Sekian dari saya. semoga bermanfaat.
Kiranya kalau masih ada yang kurang atau salah2 harap teman2 ikut meralatnya dan menuliskannya di comments
*wah ini ada sedikit ralat SEPR(Search Engine Page Result) harusnya yg bener SERP(Search Engine Result Page)(he2 kelibet saya, tapi artinya sama&serupa koq =p)keterangan-> di dalam artikel uda saya benerin semua =)..keep uptodate ma antiteori ya..sebab artikel SEO selanjutnya akan segera dibuat, kalau mau silahkan berlanggan e-mail di sisi kanan sidebar saya(tinggal masukin alamat e-mail koq =) )goodluck!

Letakan Skrip Adsense Anda Disini

2 comments:

  1. Outsiders said...

    sebenarnya sih cukup inovatif cuma kurang dapat dicerna dengan mudah mungkin pola pemikirannya dapat lebih di breakdown (btw g blom baca semua sih.he3)

  2. Rizal Pratama said...

    terima kasih atas masukannya bung outsiders =)

Post a Comment

Old Friends Of Mine

GlossyBlue Blogger by Black Quanta. Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS